Profile F.Widayanto
  F. Widayanto adalah seorang seniman keramik terkenal dari Indonesia  .  Awalnya keinginan untuk menekuni dunia keramik, bertentangan dengan  keinginan kedua orang tuanya. Pada tahun 1983 F.Widayanto memulai  awalnya bisnisnya. Dengan kegigihan beliau tetap menajalani mimpinya  tersebut sampai akhirnya beliau berhasil menjadi seorang entrepreneur  pada bidang seni  keramik  ini. Bermula dengan berkualiah di ITB , saat ini Beliau sudah memiliki  beberapa outlet atau showroom di beberapa daerah Jabodetabek. Kunci  suksesnya adalah bekerja pada bidang usaha yang disukainya. Walaupun  usahanya sudah dijadikan semacam bisnis tetapi hal yang paling ia  perhatikan adalah design dan product. Dan saat ini F.Widayanto melakukan  kerja sama dengan sebuah perusahaan Jepang bernama Kobayashi.
  Bekarya untuk komersial
          Dimulai dari mimpi dilanjutkan dengan kerja keras dan juga konsisten. Setiap halangan yang  dihadapi pun dijadikan sebagai pelajaran untuk membuat kita dapat lebih  lebih mawas diri. Dan setelah kita berhasil , janganlah terlena karena  kesusahna dan kesenangan datang silih berganti. Dalam setiap usaha pasti  ada pesaing, dan hal ini membuat kita menjadi perlu bekerja dan bekerja  lagi agar dapat lebih dari para pesaing kita.
  Art  dan bisnis adalah sesuatu yang side by side, karena itu kita memerlukan  orang-orang yang dapat dipercaya untuk dapat menjalankan bisnis kita.  Bagaimana pun juga orang-orang yang dimanage untuk menjalankan usaha  kita adalah perpanjangan tangan kita.
  Visi juga merupakn unsur paling penting dalam membuat suatu bisnis.  Keramik  berasal dari tanah liat, dan visi dari seorang F.widayanto dulunya  adalah, bagaimana caranya agar tanah liat ini dapat menjadi kebutuhan  masyarakat nantinya. Dengan kata lain membuat sesuatu biasa menjadi luar  biasa, dengan menambahkan nilai artistik. Kita pun harus memiliki mimpi  dalam mimpi kita, agar kita berusaha lebih untuk menggapai mimpi kita.
  Jiwa entrepreneur adalah jiwa perjuangan , jiwa tanpa putus asa, dan keberanian dalam mengambil sesuatu yang beda. Sesuatu  yang kita punya , itulah yang kita inginkan. Sesuatu yang sederhana  itulah yang mengingatkan kita, bekerja dulu, baru menikmati hasilnya. Tapi kembali lagi, jangan mudah terlena dan tetap sederhana.
  Dalam  usahanya, F.Widyanto mendidik karyawannya secara professional, dengan  mengajarkan cara pembuatan dan basic yang sama, melakukan sesuatu sesuai  dengan keahlian mereka. Ide yang dimiliki pun selalu berkembang, ide  dapat diperoleh dimana saja dan dari siapa saja, maka dari itu selalu  hormatilah dan mendengarkan ide dari orang lain. Membuat suatu karya  haruslah menyentuh hati , menjual sesuatu yang personal secara personal.  Menjual product dengan knowledge untuk membuat orang mendapatkan  knowledge.
  Bagaimana membuat art menjadi bisnis?
  Semakin besar pohon, semakin banyak angin. Maka dari itu kita memerlukan motivasi dalam melakukan hal ini.
- Ikutilah kata hati dan mimpi anda.
-  Memuaskan pelanggan kita, tidak hanya dengan product yang dihasilkan,  tapi juga dengan suasana yang ada, melayani mereka dengan hati.
- Selalu memulai seusatu dengan gigih.
Prinsip marketing yang dijalankan :
- Membuat orang betah/nyaman “ when you feel better, you shopping more”
- Membuat orang merasa nyaman, agar mereka berbelanja dengan hati.
  Untuk dapat tetap berhasil dalam situasi krisis ini  adalah,  terus berkreasi dan terus yakin. Kita harus punya golongan pembeli  tersendiri. Bagaimana kita memperkenalkan product kita sendiri  dan membuat orang menjadi loyal dengan brand kita.
Banyak  seniman keramik lain yang tidak berhasil dalam menjalankan bisnis  keramik ini , karena tidak adanya visi dan perjuangan . Keramik sendiri  adalah  hal yang penuh perjuangan sama halnya dengan proses hidup, jika salah kita harus mulai lagi dari awal. Kuncinya adalah Jangan menyerah!Sumber : http://indahpermatasari2007110450.blogspot.com

Tidak ada komentar:
Posting Komentar